STUDI PENGGUNAAN Saccharomyces cerevisiae AMOBIL SEBAGAI KATALIS PADAT PADA PEMBUATAN MINYAK KELAPA

ABSTRAK

 

Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan saccharomyces cerevisiae amobil sebagai katalis padat pada pembuatan minyak kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu metode baru yang sederhana dan efisien untuk memproduksi minyak kelapa dengan menggunakan sel Saccharomyces Cerevisiae amobil sebagai katalis padat.

Penelitian dimulai dengan pembuatan media pertumbuhan Saccharomyces cerevisiae berupa media agar miring. Selanjutnya, amobilisasi sel Saccharomyces cerevisiae pada gel agar-agar padat yang kemudian dipotong-potong kecil berbentuk kubus yang disebut sebagai katalis padat. Sel amobil (katalis padat) dimasukkan ke dalam fermenter dan selanjutnya diikuti dengan santan (cream) lalu difermentasi selama waktu yang ditentukan. Setelah itu, minyak dikeluarkan dari kolom secara terpisah dengan air dan blondo. Katalis padat dicuci dengan aquades dan digunakan kembali. Minyak kelapa yang dihasilkan diamati dan dianalisis sifat-sifatnya berupa kadar air, bilangan iodium, bilangan asam dan bilangan peroksida

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sel Saccharomyces cerevisiae amobil dapat digunakan sebagai katalis padat pada pebuatan minyak kelapa. Katalis padat ini dapat digunakan berulang-ulang sampai lima kali. Volume minyak yang dihasilkan bergantung pada lama fermentasi. Makin lama waktu fermentasi, makin banyak minyak yang diperoleh. Frekuensi penggunaan katalis padat juga mempengaruhi jumlah dan kualitas minyak yang dihasilkan. Makin sering katalis padat digunakan, jumlah dan kualitas minyak yang dihasilkan relatif makin berkurang. Akan tetapi, secara keseluruhan, minyak yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik.

Kata kunci : Saccharomyces cerevisiae amobil, katalis padat, minyak kelapa.

Iklan